mesin absensi sidik jari
December 10, 2018

Air dan Terluka Bisa Hilangkan Sidik Jari?

mesin absensi sidik jariAIR DAN TERLUKA BISA HILANGKAN SIDIK JARI?

Sidik Jari – Seperti yang kita ketahui bahwa semua orang di dunia ini memiliki sidik jari. Dan setiap satu individu manusia memiliki sidik jari yang berbeda. Jika di dunia ini terdapat berjuta-juta manusia berarti juga ada berjuta-juta macam sidik jari. Membahas soal sidik jari, mungkin akan menjadi pertanyaan kebanyakan orang juga mengenai apakah sidik jari bisa hilang dengan air atau terluka?

Apa Sidik Jari Bisa Hilang Karena Air atau Terluka?

Pakar sidik jari dari Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint Indentification System) Polri Tri Sila mengatakan sidik jari sesungguhnya sulit hilang, kecuali kulit di jemari manusia sudah benar-benar hilang.

“Biasanya waktu korban AirAsia kulit terkelupas H12, kulit epidermal terlepas biasanya tercecer. Orang yang dikubur pun 7 hari baru kulitnya terkelupas,” kata Tri kepada merdeka.com di kantor Inafis Polri, Jakarta, Selasa (5/5).

Kalau sudah begitu identifikasi yang bisa diandalkan hanya dari intologi atau gigi dan DNA.

Seperti yang diketahui juga selain mengidentifikasi jenazah, sidik jari digunakan untuk melacak pelaku kriminal. Untuk melacak kasus pembunuhan, niasanya polisi membubuhi black powder dan senyawa kimia lain yang menempel di TKP. Masing-masing senyawa itu dibubuhkan pada material yang berbeda-beda.

“Mendeteksi sidik jari ada di barbuk itu ada jenis dan sifatnya, ada poros yaitu material menyerap keringat, ada non poros yang tidam menyerap keringat dan semi poros,” sambung dia lagi.

Terkadang banyak para penjahat menutupi sidik jari dengan membuang barang bukti ke air. “Sidik jari tidak larut dalam air karena terdapat kelenjar sebakus yang menghasilkan cairan seperti minyak,” ungkap dia lagi.

Atau pelaku mencoba mencederai jemarinya agar tidak terlacak, “Enggak bisa rusak juga karena kesilet,” tutup dia.

Menurut lelaki yang sudah bekerja di Inafis sejak 2001 ini, ilmu sidik jari atau Dactyloscopy tidak ada di Indonesia, Negara yang paling dekat untuk menimba ilmu ini adalah di Australia.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket