November 14, 2018

Alasan Sidik Jari Orang Berbeda Beda

ALASAN SIDIK JARI ORANG BERBEDA BEDA

Alasan Sidik Jari Orang Berbeda Beda – Semua orang pasti mempunyai sidik jari. Yang membedakannya adalah tiap orang mempunyai sidik jari yang berbeda. Padahal kelihatannya bentuk sidik jari itu sama bukan? Ternyata beda loh ! Nah berikut ini adalah beberapa alasan sidik jari setiap orang berbeda-beda.

Bagaimana sidik jari bisa terbentuk?

Meskipun para ilmuwan setuju bahwa sidik jari mulai berkembang di sekitar minggu ke-10 kehamilan dan akan komplit di akhir bulan ke-4, tidak ada yang tahu pasti proses tepatnya sampai sidik tercipta. Teori yang paling banyak diterima menyatakan bahwa sidik jari terbentuk dari janin yang sibuk bergerak ke sana ke mari menyentuh dinding kantung ketuban, sehingga menciptakan cetakan yang unik.

Kulit manusia memiliki beberapa lapisan, dan setiap lapisan memiliki sub-lapisan. Lapisan kulit tengah, yang disebut lapisan basal, terhimpit di antara lapisan kulit dalam (dermis) dan lapisan kulit luar (epidermis). Pada janin, lapisan basal bertumbuh lebih cepat daripada lapisan tetangganya, sehingga melengkung dan terlipat ke segala arah. Sementara lapisan basal terus tumbuh meregang, tekanan ini menyebabkan dua lapisan kulit lainnya ikut tertarik; menyebabkan epidermis ringsek terlipat ke dalam dermis.

Saraf juga dikatakan berperan dalam proses pembentukan sidik jari, karena pakar menduga saraf adalah asal dari kekuatan yang menarik epidermis. Proses lipatan ini akan terus terjadi sampai pada akhirnya menghasilkan pola kompleks dan unik yang kita lihat di ujung-ujung jari kita saat ini.

Sidik jari adalah penanda identitas diri permanen

Bahkan dalam kematian, sidik kita akan tetap ada — sangat memudahkan untuk mengidentifikasi mayat. Ini karena kode pola sidik jari tertanam begitu dalam di bawah permukaan kulit sehingga bisa dibilang permanen. Dan, meskipun bisa aus dari paparan kondisi ekstrim, sidik jari akan bertumbuh kembali begitu paparan abrasif, tajam, atau kondisi panas mereda.

Dalam beberapa kasus, kerusakan ujung jari bisa sangat parah dan berdampak dalam ke lapisan pembangkit kulit, mengakibatkan perubahan permanen pada sidik jari. Para ahli melaporkan bahwa bekas luka yang dihasilkan — baik itu dari luka bakar atau luka benda tajam — bisa ikut terkode secara permanen mengikuti pola sidik jari.

Ada tiga tipe dasar pola sidik jari

Anda mungkin pernah mendengar bahwa setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. Tetapi ada pola tertentu yang diperlihatkan oleh cap jari. Sidik jari dibagi menjadi 3 tipe dasar: lingkaran (loop), lengkungan (arch), dan ulir (whorl). Lengkungan lebih lanjut dipecah menjadi lengkungan polos dan lengkungan tudung.

Berikut diagramnya agar Anda bisa membedakan lebih jelas.

pola sidik jari

Pola tekstur perbuktian yang ada di ujung jemari Anda memiliki dua karakteristik umum untuk setiap sidik jari: ujung bukit dan cabang. Urutan dari setiap ujung bukit dan percabangan berbeda pada setiap ujung jari. Ujung bukit adalah ulir yang berakhir tiba-tiba; percabangan tercipta dari satu ujung bukit yang membelah dua dan terus berlanjut sebagai dua garis baru yang berbeda arah.

Lalu, mengapa sidik jari setiap orang bisa berbeda?

Pola cetakan cap jari sudah menetap seperti apa yang Anda miliki saat ini ketika janin mencapai usia 17 minggu. Perkembangan ini tak hanya bergantung pada faktor genetik, namun juga kondisi fisik yang unik.

Tak terhitung faktor yang diperkirakan dapat memengaruhi pembentukan polanya; termasuk tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, gizi ibu, tingkat hormon, posisi janin dalam rahim di waktu-waktu tertentu, komposisi dan kekentalan cairan ketuban yang berputar-putar di sekitar jemari bayi saat mereka menyentuh dinding kantung ketuban dan sekitarnya, sampai ke kekuatan tekanan jari saat bayi menyentuh lingkungan sekitarnya. Para peneliti percaya bahwa segudang variabel ini dapat memutuskan bagaimana setiap cetakan alur di ujung jari setiap manusia dapat terbentuk.

Tingkat aktivitas janin dan keberagaman kondisi dalam kandungan secara umum mencegah sidik jari berkembang dengan cara yang sama untuk setiap janin. Seluruh proses tumbuh kembang anak dalam rahim sangat kacau dan acak sehingga, di sepanjang sejarah manusia, hampir tidak ada kesempatan bahwa pola yang sama persis bisa terbentuk dua kali. Dengan demikian ini juga berarti bahwa sidik di setiap jari dari tangan pemilik yang sama pun akan berlainan. Begitu juga dengan sisi tangan satunya.

CV. Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

 

Kelebihan kami :

Garansi Resmi 1 Tahun Replacement unit 1 bulan (syarat&ketentuan berlaku) Tim kami siap melayani anda dalam memberikan solusi yang dibutuhkan, layanan support yang kami berikan adalah :
  • Kunjungan ke Lokasi (disesuaikan dengan lokasi kantor cabang kami)
  • Panduan via Chat Website / WA / Telegram
  • Penjelasan melalui Telepon
  • Remote dengan Team Viewer
  • Penjelasan melalui Email
  • Video Tutorial
CV. Mitra Berkat Bersama, Distributor fingerprint, akses kontrol pintu terbesar di Indonesia, kami ada untuk melayani anda dengan sepenuh hati.
 
Type : Fingerprint
Categories : Mesin Absensi
 
Melayani : Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Madiun, Ponorogo, Solo, Jogja, Semarang, Denpasar, Lombok, Madura, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera Mesin absensi sidik jari murah di Surabaya | Mesin absensi murah | Mesin sidik jari | Mesin fingerprint | Mesin absensi murah | Mesin fingerprint murah | Absensi sidik jari | Absensi murah | Mesin absensi sidik jari di surabaya | Mesin absensi sidik jari | Distributor fingerprint indonesia | Jual mesin fingerprint | Mesin sidik jari murah | Akses kontrol pintu
CV. Mitra Berkat Bersama

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Maspion IT Blok E10, Maspion Square
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket