Mesin Absensi Sidik Jari - Mesin Fingerprint 
March 26, 2019

Cara Kerja Scanner Pada Mesin Fingerprint

Cara Kerja Scanner Pada Mesin Fingerprint

Mesin Absensi Sidik Jari - Mesin Fingerprint 

Cara Kerja Scanner Pada Mesin Fingerprint – Mesin fingerprint merupakan media untuk absensi seorang karyawan disebuah perusahaan. Cara Kerja dari mesin finger ternyata memiliki sistem yang cukup rumit dan memiliki proses yang cukup panjang.

• Membaca pola sidik jari
Langkah awal dari sebuah kinerja sistem mesin sidik jari adalah mengenali pola dan juga citra jari sidik jari yang ditempelkan di atas scanner. Ketika seseorang meletakkan jarinya pada layar scanner, secara otomatis cahay scan akan menangkap pola sidik jari tersebut dan menyimpannya di dalam database untuk diproses pada sistem selanjutnya. Cahaya atau blitz akan menyinari permukaan jari Anda secara menyeluruh dan hasil pantulan cahaya tersebut yang direkam dalam memori dan akan dilakukan proses perbandingan dengan sidik jari yang sudah tersimpan di dalam database.

• Proses verifikasi

Setelah proses penangkapan sidik jari direkam oleh memori, kemudian pola tersebut akan dimasukkan ke dalam sebuah sistem untuk pembcaaan kontur dan juga citra dari index sidik jari yang baru. Pola tersebut harus jelas dalam segi penerangan, kegelapan dan juga bentuk sehingga proses identifikasi bisa berjalan dengan lancar. Bila terlalu terang atau gelap, maka proses pembacaan akan terhambat. Jika semua syarat sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh sebuah sistem, maka proses verfikasi bisa dilanjutkan. Untuk bisa melancarkan proses identifikasi, lebih disarankan pada pengguna untuk menggunakan jari telunjuk dan juga tengah daripada ibu jari karena ibu jari memiliki kontur permukaan yang lebar sehingga terkadang posisi dari jari tidak pas berada di tengah scanner.

• Proses perbandingan

Apabila syarat dari sebuah sistem sudah dipenuhi oleh pola sidik jari tersebut, maka proses berikutnya adalah membandingkan sidik jari yang baru dengan pola sidik jari yang sama namun sudah tersimpan di dalam database sebagai bukti awal dari kecocokan tersebut. Dalam proses perbandingan ini terdapat dua sistem yaitu False acceptance (penerimaan palsu) dan juga False rejection (penolakan palsu). Penerimaan palsu artinya sebuah mesin tidak dapat mengenali pola sidik jari pengguna, sementara penolakan palsu berarti mesin tidak bisa mengenali sidik jari yang telah didaftarkan sehingga tidak bisa melakukan proses perbandingan. Apabila pola dan citra sebuah sidik jari bisa dikenali dengan baik, maka proses perbandingan akan berlanjut pada proses pencocokkan data dengan tingkat keberhasilan tertentu.

• Tingkat keberhasilan

Setelah melalui berbagai macam proses pengenalan, penangkapan cahaya dan juga perbandingan, maka mesin akan memberikan data output yang akan ditampilkan pada layar tentang keberhasilan proses identifikasi. Apabila berhasil, maka gambar dari sidik jari akan keluar beserta dengan cahaya hijau ataupun suara mesin yang bisa mengatakan pada Anda tingkat keberhasilan tersebut. Bila proses berhasil, maka sistem akan menyimpan sidik jari baru pengguna dalam database lain yang akan tersambung dengan software komputer untuk mempermudah proses pengelolaan data. Jika proses identifikasi tidak berhasil, maka Anda akan diminta oleh mesin untuk mencobanya kembali.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19, Surabaya
Indonesia

Maspion IT Lt. Dasar Blok E10-12
Maspion Square
Jl. Ahmad Yani No 73, Surabaya
Indonesia