mesin absensi sidik jari
December 10, 2018

Cara Menghilangkan Noda Sidik Jari

mesin absensi sidik jariCARA MENGHILANGKAN NODA SIDIK JARI

Sidik Jari – Tangan yang kotor, kita sering tidak sengaja memegang perabotan rumah sehingga akan meninggalkan bekas kotoran. Seperti noda sidik jari akan menempel pada tembok atau dinding rumah, kacak, dan bahan – bahan lainnya. Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai bagaimana cara menghilangkan noda sidik jari tersebut.

Membersihkan noda sidik jari di dinding

Dinding sehabis dicat akan sedikit basah. Namun, tak jarang kita lupa menyadarinya, sehingga kita menyentuhnya tanpa sengaja dan menyebabkan sidik jari kita akan menempel di permukaan dinding tersebut. Untuk tipe cat dinding tertentu, misalnya high gloss paints, jenis cat ini relatif mudah dibersihkan dari noda sidik jari. Namun, ketika jari kita sedikit kotor, berdebu, dan berminyak, hal ini tentu akan meninggalkan noda yang lebih membekas pada permukaan dinding. Permukaan dinding atau sekat horizontal akan lebih mudah berdebu dan lebih sulit dalam membersihkan noda sidik jari di permukaan ini.

Untuk membersihkan sidik jari ini, Anda membutuhkan kain basah, lalu usap secara merata. Bilas dengan air, lalu usapkan kembali ke permukaan tersebut. Pastikan serat kain cukup lembut, sehingga tidak menggores atau merusak permukaan cat pada dinding.

  • Gunakan vinyl eraser untuk menghilangkan noda sidik jari di dinding

Untuk noda sidik jari yang sulit dihilangkan dengan kain basah, Anda membutuhkan bahan pembersih misalnya plain vinyl eraser. Tipe pembersih ini cukup lembut dan non abrasif. Mayoritas eraser berwarna putih bening, sehingga tidak menimbulkan bekas di dinding. Namun, kita mesti berhati – hati dalam mengaplikasikan plain vinyl eraser secara perlahan, karena jika kita menerapkannya terlalu kuat, kemungkinan bisa merusak permukaan cat.

  • Roti tawar untuk mengangkat minyak, debu, dan menyamarkan sidik jari

Berdasarkan majalah Reader’s Digest, roti tawar putih bisa dimanfaatkan untuk menghapus sidik jari pada dinding. Caranya dengan menggosok roti tawar pada permukaan yang terkena noda sidik jari secara perlahan hingga sidik jarinya memudar. Cara ini memang cenderung cara yang tidak konvensional, namun roti mampu mengangkat minyak dan debu yang melekat pada sidik jari, lalu perlahan – lahan memudarkan noda yang tertinggal.

Menghilangkan noda sidik jari pada permukaan stainless steel, bagaimana caranya?

Furnitur dengan permukaan stainless steel, misalnya kulkas dan microwave, mampu menambah kesan elegan dan berkelas di dalam ruangan. Tapi apa jadinya jika permukaan stainless steel dipenuhi dengan jejak – jejak sidik jari yang cukup terlihat dan membekas? Tentu kesan elegan pun akan berkurang, dan membuatnya kurang mengkilap.

Karena permukaan stainless steel cenderung shiny, noda sidik jari bercampur dengan minyak dan debu akan sangat jelas terlihat. Bahkan, minyak dan debu yang menempel juga bisa menyebabkan korosi. Namun dengan memanfaatkan bahan – bahan yang mudah ditemui di rumah, noda sidik jari pun akan dengan mudah dihilangkan.

  1. Untuk membersihkan furnitur atau appliancess berbahan stainless steel, kita mesti mengeluarkan dan melepaskan bagian – bagiannya, satu per satu. Misalnya untuk membersihkan sidik jari di permukaan kulkas, keluarga makanan dan minuman di dalamnya, dan lepaskan bagian – bagian yang ada di dalamnya.
  2. Siapkan kain lalu celupkan pada air hangat. Peras kain hingga tak ada air yang menetes. Lalu, usapkan pada permukaan stainless steel. Gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan stainless steel, sehingga tak ada noda air membekas.
  3. Siapkan satu ember kecil air hangat, lalu tambahkan dua atau tiga tetes sabun cair. Celupkan kain ke dalamnya, dan peras hingga tak ada air menetes. Usap permukaan stainless steel untuk menghilangkan sidik jari yang membandel. Bilas stainless dengan mengusapkan kain yang sudah dicelup di air bersih, kemudian keringkan dengan handuk atau kain mikrofiber towel.
  4. Selain menggunakan sabun, bisa juga kita menggunakan glass cleaner atau stainless-steel cleaner untuk menghilangkan sidik jari. Semprotkan glass cleaner yang banyak ditemui di pasaran. Usap cleaner yang terdapat pada permukaan stainless steel, lalu bilas dengan handuk yang dicelup air basah, dan sekali lagi gunakan handuk microfiber untuk mengeringkannya.
  5. Cuka bisa menjadi bahan alternatif penghilang sidik jari yang membekas di stainless steel. Caranya dengan memasukkan cuka ke dalam botol spray tanpa menambahkannya dengan air. Semprotkan pada permukaan stainless steel, lalu usap dengan kain basah. Ulangi dengan kain kering untuk mengeringkan permukaannya.
  6.  Baby oil juga bisa dimanfaatkan untuk menghapus noda sidik jari di stainless steel, yakni dengan menambahkan baby oil pada permukaan kain microfiber, lalu usap noda sidik jari dengan pola memutar.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket