January 2, 2019

Cara Tepat Memilih Mesin Absensi

Cara Tepat Memilih Mesin Absensi

 

Cara Tepat Memilih Mesin Absensi –  Untuk apa mesin absensi? Benda satu ini sangat berguna bagi sebuah kantor dan perusahaan untuk meningkatkan kedisiplinan seorang karyawan. Membeli mesin absensi memang dibutuhkan kedetailan dan ketelitian dalam memilih. Pasalnya mesin ini rentan terhadap kerusakan. Baiklah, untuk mempermudah Anda dalam memilih mesin absensi terbaik untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan Anda, coba praktekkan tips berikut ini.

1. Kenali Kebutuhan Kantor Anda

Untuk mendapatkan mesin absensi terbaik yang Anda butuhkan, Anda harus mengenali kebutuhan kantor Anda terlebih dahulu. Beda kebutuhannya, beda pula mesin absensinya.

Untuk memudahkan Anda mengenali kebutuhan kantor Anda, coba perhatikan beberapa hal berikut.

a. Cari Tahu Apa Tujuan Mesin Absensi di Kantor Anda?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa tujuan Anda membeli mesin absensi. Apakah hanya digunakan untuk mencatat daftar kehadiran saja? Atau Anda juga ingin menghitung daftar kehadiran karyawan secara detail?

Misalnya, menghitung berapa waktu keterlambatan, kelebihan waktu istirahat, atau berapa hari izin dan bolos kerja.

Atau, mungkin Anda juga membutuhkan mesin absensi yang dapat merekap daftar kehadiran karyawan dan mengintegrasikannya ke sistem penggajian di kantor Anda.

Jadi, ketika karyawan Anda bolos kerja, jatah gaji mereka akan otomatis terpotong sesuai peraturan yang diterapkan di kantor Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapatr memilih mesin absensi biometrik yang telah terintegrasi software payroll. Sehingga, sistem absensi sulit dipalsukan dan data penggajian dapat terotomatis dihitung oleh software.

Atau mungkin, jika tujuan Anda membeli mesin absensi adalah untuk memantau pekerja lapangan, maka jenis mesin absensi yang cocok untuk Anda adalah tipe time track.

Dengan tipe mesin absensi tersebut, Anda bisa memantau kinerja karyawan lapangan Anda secara real time dimana pun dan kapan pun.

b. Perhatikan Jumlah Karyawan Anda

Hal ini sangat penting, karena jangan sampai Anda membeli mesin absensi yang tidak bisa menampung seluruh data karyawan Anda.

Ada beberapa pilihan kapasitas absensi yang dapat Anda pilih sesuai jumlah karyawan Anda. Ada yang bisa menampung 50-100 orang, lebih dari 500 orang, bahkan di atas 50.000 orang.

Jadi, jika karyawan Anda hanya berjumlah 100-200 orang, Anda tidak perlu membeli mesin absensi dengan kapasitas 30.000 karyawan.

2. Perhatikan Fitur-Fitur Mesin Absensi yang Ditawarkan

Setelah mengenali kebutuhan mesin absensi untuk kantor Anda, saat ini Anda pasti sudah memiliki bayangan akan memilih jenis mesin absensi yang mana.

Anggaplah Anda memilih mesin absensi berteknologi time track karena Anda memiliki banyak karyawan lapangan.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa merk mesin absensi yang dijual di pasaran sangatlah banyak, termasuk tipe time track.

Jadi, agar Anda tidak salah pilih membeli merk, hal utama yang perlu Anda perhatikan ialah fitur-fitur yang ditawarkan.

Salah satu fitur yang perlu Anda perhatikan ialah konektivitas mesin.

Koneksi dengan mesin absensi karyawan menjadi sangat penting ketika hasil laporan absensi karyawan dibutuhkan setiap bulannya. Beberapa mesin absensi menggunakan sistem koneksi USB, kabel serieal dan TCP/IP.

Anda juga perlu memperhatikan apakah mesin absensi yang Anda beli menawarkan fitur cloud, sehingga bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dapat tetap memantau laporan absensi karyawan dimana pun dan kapan pun.

Fitur lainnya yang perlu Anda pertimbangkan ialah integrasi software payroll. Apakah mesin absensi yang ingin Anda beli terintegrasi dengan software penggajian atau tidak.

Dengan adanya software payroll tentu akan memudahkan Anda dalam menghitung gaji karyawan secara otomatis berdasarkan daftar hadir.

3. Sesuaikan Harga Mesin Absensi dengan Anggaran yang Anda Miliki

Setelah menemukan tipe mesin absensi dengan fitur-fitur yang Anda inginkan, sekarang waktunya memilih harga mesin absensi paling fleksi

bel sesuai anggaran yang Anda miliki.

Seperti disebutkan sebelumnya, kita bisa menemui banyak penyedia mesin absensi di pasaran, akan tetapi tidak semuanya menawarkan fitur yang kita inginkan. Begitu pula dengan harga yang ditawarkan. Tidak semuanya menawarkan harga yang pas sesuai kebutuhan kita.

4. Pastikan Anda Mendapatkan Layanan Purnajual Terbaik

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan mesin absensi yang Anda pilih dilengkapi layanan aftersales (purnajual) terbaik.

Sebab, mesin absensi bukanlah inventaris biasa yang sekali pasang langsung selesai. Anda perlu dibekali training, instalasi dari tim teknisi, dan juga layanan maintenance ketika mesin absensi yang Anda beli tiba-tiba rusak.

Karena itulah, Anda harus jeli dalam memilik merk mesin absensi. Pastikan merk yang Anda beli menawarkan layanan aftersles secara maksimal.

Untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan aftersales yang ditawarkan suatu penyedia mesin absensi, Anda bisa mengunjungi website resminya dan menulusuri kolom testimoni, informasi why choose us, dan lain sebagainya.

Supaya memudahkan Anda mencari tahu soal layanan aftersales pembelian mesin absensi ini, coba Anda kunjungi salah satu penyedia mesin absensi terbaik berikut ini.

Demikian 5 cara mudah dalam memilih mesin absensi terbaik untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Anda bisa praktekkan satu per satu tips di atas sebelum membeli mesin absensi yang Anda butuhkan untuk kantor Anda.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket