mesin absensi sidik jari mesin absensi fingerprint 
March 14, 2019

Jenis Sensor Pada Mesin Fingerprint Reader

Jenis Sensor Pada Mesin Fingerprint Reader

Mesin Absensi Manual VS Mesin Absensi Elektronik

Jenis Sensor Pada Mesin Fingerprint Reader – Jenis sidik jari seseorang tentunya berbeda – berbeda tergantung pada bentuk garis tangan seseorang. Mesin fingerprint memiliki cara kerja yang sama yaitu memproses sidik jari yang terekam unuk kemudian dibandingkan dengan sidik jari yang sudah tersimpan dalam template, namun fingerprint reader memiliki jenis sensor yang berbeda – beda dalam menangkap sebuah pola sidik jari dan hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

4 Jenis Sensor Mesin Fingerprint Reader

• Optical atau optis
Sensor ini bekerja dengan cara merekam pola dari sidik jari dengan menggunakan cahaya yang dipancarkan dari scanner. Alat pembaca sidik jari tersebut merupakan sebuah kamera yang mengeluarkan cahaya kemudian menangkap permukaan sidik jari dan pantulannya akan disalurkan pada alat penerima yang kemudian akan disalurkan pada memori untuk disimpan di dalam template sebagai data utama. Kelebihan dari sensor ini adalah mudah untuk digunakan serta biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan tidak mahal. Namun terdapat kelemahan dari sensor optis yaitu hasil dari scanning sangat tergantung pada kualitas dari sidik jari tersebut. Jika kulaitas sidik jari tidak baik karena luka ataupun kotor, maka hasil dari pembacaaan proses identifikasi tidak akan bagus. Selain itu, kelemahan laian yang ada dalam sensor optis adalah tidak bisa memalasukan identitas dengan sidik jari palsu.
• Ultrasonik
Disini jari yang ditempelkan pada alat scanner menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi yang ditangkap dan pantulan suara itu kemudian disalurkan pada alat penerima untuk diproses lebih lanjut. Selanjutnya, hasil pantulan itu digunakan untuk menyusun pola citra sidik jari. Kelebihan dari sensor ini adalah mampu mendeteksi jari yang terlalu kering ataupun mengelupas karena yang ditangkap adalah gelombang suara ultrasonik yang mampu menembus lapisan epidermal kulit. Sementara kekurangan dari sensor ini adalah harga jualnya yang masih sangat tinggi.
• Capacitive atau kapasitans
Untuk sensor ini menggunakan sebuah patokan pengukuran kapasitan untuk membentuk sebuah citra dari sidik jari yang ditempelkan. Alat scan dan kulit bagian ujung jari yang saling bersentuhan disebut sebagai kapasitor dari sensor ini. Setiap orang memiliki tekstur sidik jari dengan ridge atau gundukan dan juga valley atau lembah yang berbeda-beda sehingga kapasitan dari setiap jari hasilnya juga akan bervariasi. Kelebihan dari sistem ini adalah teknik pembacaan dari sidik jari ini lebih detail dengan hasil yang akurat dan juga relatif lebih cepat. Sementara untuk kelemahan yang terdapat dalam sensor kapasitans adalah setiap tangan manusi memiliki aliran listrik statis sehingga membuat scanner tidak dapat bekerja. Untuk menghilangkan listirk, maka tangan harus diletakkan pada tanah terlebih dahulu.
• Thermal atau suhu
Sensor thermal menggunakan suhu yang dihasilkan oleh ridge atau gundukan dengan valley atau lembah dari sebuah permukaan sidik jari untuk diketahui pola serta citra dari sidik jari yang sudah ditangkap. Cara penggunaannya pun sedikit berbeda dimana jari digosokkan di atas scanner untuk bisa menghasilkan suhu yang berbeda. Kelebihan dari sistem ini adalah scan area yang dibutuhkan lebih kecil sehingga lebih menghemat tempat penyimpanan dan semakin diminati oleh banyak perusahaan. Namun kelemahan dari  sensor thermal adalah jari harus berada dalam kondisi normal dan diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendeteksi suhu sehingga hasil yang diperoleh valid.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket