March 12, 2019

Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Absensi Kartu

Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Absensi Kartu

Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Absensi Kartu – Mesin absensi terdiri dari berbagai ragam jenis. Salah satunya adalah mesin absensi dengan basis kartu. Model absensi satu ini sudah tidak terlalu sering digunakan, karena sedikit rumit. Seseorang harus menggunakan sebuah kartu untuk absensi mereka. Tapi tenang, semuanya terdapat kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Mesin Absensi Kartu

• Harga mesin murah
Mesin ini terbilang sangat murah di jamannya dan sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah karyawan sedikit sehingga lebih mudah dalam mengontrol kehadiran dan juga jam pulang dari pekerja.
• Terdapat pencetakan waktu yang nyata
Informasi tentang waktu kehadiran, waktu pulang, tanggal dan hari akan dicetak saat itu juga dengan jam analog tersebut sebagai penunjuk waktu tersebut sehingga informasinya nyata dan tidak ada manipulasi.
• Prosesnya cepat
Untuk mesin kartu yang digital, tidak diperlukan proses yang panjang untuk bisa teridentifikasi. Pekerja hanya cukup menggesek kartu tersebut dan data sudah akan terekam dengan baik melalui barcode tersebut. Selain itu sistemnya juga sudah terhubung dengan software komputer sehingga bisa diidentifikasi dengan cepat.

Kekurangan Mesin Absensi Kartu

• Penggunaan yang kurang praktis
Apabila sebuah perusahaan masih menggunakan sistem absensi kartu yang manual, maka waktu karyawan akan terbuang cukup banyak karena proses pendataan mesin ini sangat lama. Selain itu pihak HR juga harus mencatat dan mendata kehadiran dan juga jam pulang karyawan secara manual.
• Penggunaannya tidak efisien
Mesin kartu manual menggunakan kertas biasa sebagai media absen sehingga hal ini sangat tidak praktis dan membutuhkan jumlah kertas sebagai persediaan lebih banyak. Hal ini juga merupakan pemborosan dana perusahaan dalam hal penyediaan kertas absen.
• Rentan terjadinya kecurangan
Walaupun penggunaan mesin kartu baik manual dan juga digital ini merupakan sebuah perkembangan untuk meminimalisir resiko, namun pada kenyataanya kecurangan masih saja terjadi dengan cara menitipkan kartu absen kepada karyawan lain dan meminta untuk melakukan absen apabila pemilik kartu ingin membolos ataupun datang terlambat.
• Kehilangan kartu
Karena kartu memiliki nkarakteristik yang kecil dan mungil sehingga banyak karyawan yang sering lupa membawanya apabila terburu-buru ataupun sering kehilangan kartu tersebut karena terselip atau jatuh sehingga perusahaan harus mengeluarkan biaya lagi untuk membuatnya.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19, Surabaya
Indonesia

Maspion IT Lt. Dasar Blok E10-12
Maspion Square
Jl. Ahmad Yani No 73, Surabaya
Indonesia