December 4, 2018

Kenali Mesin Fingerprint Reader Biometrik

KENALI MESIN FINGERPRINT READER BIOMETRIK

Fingerprint Reader Biometrik – Pernahkah Anda mendengar istilah fingerprint reader biometrik? Biometrik ini dapat didefinisikan menjadi metode yang digunakan dalam dalam mengenali seseorang berdasarkan atribut fisik unik yang dimilikinya. Atibut unik tersebut bisa berupa sidik jari, iris mata, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Fingerprint Reader

  1. Mesin Absensi Fingerprint (Time & Attendance Fingerprint Reader)

    Mesin absensi fingerprint adalah perangkat untuk mendeteksi sidik jari yang biasanya bertujuan untuk absensi karyawan. Keuntungan menggunakan mesin absensi fingerprint dibandingkan absensi manual adalah lebih cepat dan data lebih akurat serta memiliki kapasitas simpan yang besar. Unit ini memiliki algoritma pencocokan sidik jari dengan kinerja tinggi, kualitas gambar dan sensor sidik jari optik yang cukup cepat. Transmisi data antara terminal dengan PC dapat dengan mudah dilakukan dalam beberapa detik.

  2. Standalone Fingerprint Reader

    Jenis pembaca sidik jari ini sangat ideal untuk daerah yang hanya membutuhkan akses kontrol tanpa memerlukan software manajemen. Sensor sidik jari dilengkapi dengan tutup pelindung. Selain itu juga terintegrasi proximity card reader (EM). Jenis fingerprint reader ini memiliki keunggulan mudah digunakan, dan memiliki 3 tombol untuk registrasi, menghapus data dan juga sebagai bel pintu.

  3. USB Fingerprint Reader

    Pembaca Sidik Jari USB ini adalah perangkat yang dapat menangkap gambar sidik jari dan menguploadnya ke komputer melalui antarmuka USB. Pengguna juga dapat mengintegrasikan perangkat ini dengan sistem mereka sendiri. Jenis pembaca sidik jari ini banyak digunakan dalam asuransi, keamanan publik, absensi kehadiran, dan bidang lainnya.

  4. Facial and Fingerprint Reader

    Tipe fingerprint reader ini adalah perangkat multi-biometrik yang dapat digunakan sebagai absensi juga terminal akses kontrol. Dengan Jenis fingerprint ini dapat menggunakan wajah, sidik jari, RFID dan PIN untuk mengidentifikasi pengguna. Dengan algoritma identifikasi wajah terbaru, ia dapat mengenali wajah seseorang berdasarkan ukuran dan bentuk mata, hidung, tulang pipi dan rahang. Ideal untuk absensi dan akses kontrol yang membutuhkan waktu cepat, tipe ini dapat beroperasi pada mode standalone dan menyediakan sistem yang lengkap yang mudah digunakan untuk perusahaan kecil hingga menengah.

Cara Kerja Mesin Absensi Fingerprint

Mesin absensi fingerprint memerlukan proses registrasi terlebih dahulu. Pada proses scan pertama kali data akan dimasukkan ke dalam sistem beserta identitas user seperti nama atau nomor. Cara penggunaan mesin absensi fingerprint umumnya sama yaitu :

  1. Scan awal atau registrasi sidik jari pada perangkat
  2. Data pola sidik jari lalu disimpan dalam database atau memori perangkat.
  3. Pada saat scan absensi, pola sidik jari akan dicocokkan dengan hasil scan sidik jari awal saat proses registrasi.
Kegunaan Mesin Abensi Fingerprint

Mesin fingerprint memiliki fungsi sebagai berikut yaitu :

  1. Absensi kehadiran karyawan

    Manfaat mesin absensi fingerprint yang paling utama adalah untuk absensi kehadiran karyawan. Perusahaan yang memiliki banyak akan dipermudah dalam proses pantauan kehadiran karyawan. Proses absensi menjadi lebih mudah dan cepat. Dari data akan diketahui secara pasti kapan seorang karyawan datang dan pergi.  Karyawan yang sedang berhalangan hadir tentunya tidak akan ada data yang tersimpan. Bila menggunakan absen manual dapat terjadi kecurangan-kecurangan. Dengan adanya mesin fingerprint ini maka tingkat kecurangan ini dapat dihilangkan.

  2. Mengetahui kinerja karyawan dengan melihat jam kerja

    HRD perusahaan tentunya ingin mengetahui lama jam kerja dan absensi karyawan secara jelas dan akurat untuk mengetahui kinerja karyawan tersebut. Dari data yang masuk pada mesin absensi maka akan dengan mudah dihitung jam kerja karyawan yang bersangkutan.

  3. Mengetahui gaji yang harus dibayar berdasarkan absensi karyawan

    Sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan, maka mesin absensi sangat bermanfaat untuk menghitung gaji atau upah karyawan yang bersangkutan. Perusahaan yang sangat memperhatikan pentingnya ketepatan waktu masuk dan pulang kantor akan dengan mudah menghitung gaji karyawan tersebut.

    Dengan bantuan aplikasi dan software absensi karyawan maka proses penghitungan gaji akan lebih akurat. Software absensi akan menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki ratusan karyawan karena gaji pokok bahkan uang lembur dapat dihitung dengan lebih mudah.

  4. Akses kontrol pintu

    Mesin fingerprint digital dan biometrik sangat bermanfaat untuk memberikan akses kontrol pintu pada ruangan kantor, gudang dsb. Beberapa ruangan tertentu yang menyimpan dokumen penting atau barang berharga dapat menggunakan access door agar hanya orang yang dipercaya bisa memasukinya.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket