mesin absensi sidik jari
December 6, 2018

Kenali Sensor Iris Mata Pada Handphone

KENALI SENSOR IRIS MATA PADA HANDPHONE

Sensor Iris Mata – Keberadaan handphone saat ini sangatlah membantu orang-orang untuk berkomunikasi. Handphone yang berkembang juga sangat canggih. Mengapa semakin canggih? Karena kini kejahatan juga semakin marak dimana-mana, seperti kejahatan IT dan lain sebagainya. Maka dari itu sangat penting jika handphone kita diberikan fasilitas sensor untuk membuka kunci handphone kita.

Samsung galaxy note 7 menanaman teknologi keamanan sensor iris mata dalam hape buatannya tersebut. Sebenarnya bukan samsung yag pertama kali menanaman teknologi sensor mata dalam sebuah handphone. Microsoft telah lebih dulu menanamkan fitur tersebut pada ponsel besutannya yakni nokia lumia 950. Sayangnya ponsel nokia lumia tersebut tidak terlalu banyak diminati masyarakat sehingga tidak banyak yang sadar dengan adanya fitur keren tersebut.

Mari kita bahas mengenai sensor pendeteksi iris mata atau retina seseorang. Sebelumnya apa itu iris? Sebenarnya iris dan retina adalah dua hal yang berbeda,jadi kurang tepat apabila mengatakan sensor iri sebagai sensor pendeteksi retina. Iris sendiri adalah bagian pada mata yang berbentuk bulatan gelang dan letanya berdekatan dengan pupil serta bagian putih pada mata. Iris sendiri terbentuk selama janin masih dalam kandungan dan secara sempurna tebentuk dalam perjalanan tumbuh kembang bayi selama 2 tahun. Sedangkan retina sendiri adalah bagian mata yang tidak terlihat, sebab letak sebenarnya ada di belakang mata. Fungsi dari retina adalah mengubah cahaya menjadi bayangan untuk kemudian diproyeksikan sebagai penglihatan oleh mata. Teknologi detektor iris sendiri pada samsung galaxy note 7 dapat bekerja dengan sangat cepat, mengapa begitu? Hal itu dikarenakan adanya sensor IR LED yang membantu dalam proses deteksi iris.

Apa itu IR LED? Hal tersebut adalah teknologi yang menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi mata seseorang. IR LED dapat memancarkan cahaya infrared sejauh 700 nano meter sampai 1 milimeter. Perangkat remot control televisi, remot ac dan segala macam kendali jarak jauh umum menggunakan IR LED ini. Di dalam samsung galaxy note 7 sendiri, IR LED terletak sangat persis di samping iris camera yang sudah tersedia. Teknologi tersebut bahkan dapat menangkap iris mata seseorang bahkan dalam keadaaan yang sangat gelap sekalipun, hal itu berbeda dengan sensor pendeteksi wajah yang tidak bisa bekerja dalam kondisi gelap.

Lalu apakah hal tersebut aman bagi mata? Tentu saja aman, sebab teknologi sensor iris sudah menerima sertifikasi internasional tertinggi dari Electronical Commision International (IEC). Sensor iris sudah terbukti sangat aman bagi mata manusia. Pihak samsung mengatakan bahwa teknologi ini sangat aman bagi pengguna handphone. Meski sebuah penelitian lain juga mengatakan bahwa inframerah dapat membuat kerusakan mata pada jarak dekat. Pada perkembangannya, sensor pendeteksi iris ini tak hanya berfungsi untuk membuka dan menutup kunci handphone saja, namun juga dapat digunakan sebagai password aplikasi untuk mengakses galeri, aplikasi chat, catatan dan lain-lain.

Semuanya dapat di sesuaikan sendiri oleh pengguna. Anda tertarik dengan ponsel berteknologi sensor iris? Teknologi pengamanan hape semakin canggih saja, selain mengenal sensor iris ada pula sensor pendeteksi wajah, pendeteksi suara dan pendeteksi sidik jari. Anda pilih yang mana untuk keamanan terbaik ponsel Anda? itulah tadi sedikit informasi mengenal sensor iris pada handphone, semoga bermanfaat.

Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket