mesin absensi sidik jari
January 18, 2019

Mengenal Kunci Sok (Socket Wrench)

mesin absensi sidik jariMENGENAL KUNCI SOK (SOCKET WRENCH)

Kunci Sok – Apa yang kalian ketahui tentang kunci sok? Kunci sok atau socket wrench merupakan sejenis kunci yang mirip dengan kunci ring digunakan untuk mengencangkan baut atau mur dalam berbagai posisi. Baca juga : Mesin Absensi Sidik Jari

Konci Sok (Socket Wrench)

Perlengkapan Kunci Sok :

a. Socket

Socket

“Socket” adalah bagian dari kunci sok yang berfungsi memegang kepala baut/mur. Baut atau rahang “socket” berbentuk persegi enam, segi delapan atau segi dua belas.

Pada bagian belakang socket terdapat lubang persegi empat yang berfungsi sebagai bagian pemutar dengan ukuran 1/4″, 3/8″, 1/2″, 3/4″, dan 1″.

ukuran lubang 1/4", 3/8", 1/2", 3/4", dan 1"

a.1. Standar socket

Soket standar adalah jenis socket yang umum digunakan untuk memutar baut/mur.

Standar socket

a.2. Deep socket (socket panjang)

Ukuran socket jenis ini lebih panjang dari socket standar. Umumnya digunakan untuk memutar baut pada posisi yang dalam dimana socket standar tidak dapat digunakan.

Deep socket (socket panjang)

a.3. Flexible socket (socket flesibel)

Socket flesibel dilengkapi dengan jenis sambungan Universal joint yang mempunyai posisi sudut kemiringan maximum 65⁰ dan digunakan untuk pemutaran menyudut.

Flexible socket (socket flesibel)

b. Socket extension (Pamanjang socket)

Socket extension adalah perlengkapan kunci sok yang berguna untuk membantu kemampuan kunci sok dalam pemutaran baut/mur. Dimana socket jenis biasa atau jenis lainnya tidak dapat menjangkau posisi baut/mur yang akan di putar dalam keadaan umum.

Socket extension (Pamanjang socket)

Socket extension mempunyai beberapa ukuran pemutar socket yaitu 1/4″, 3/8″, 1/2″, dan 1″.
Panjangnya mulai dari 1″ sampai 36″ dan pemilihan ukuran ditentukan oleh keperluan pekerjaan. Dalam penggunaan sering dihubungkan dengan socket adaftor atau ratchet spinner.

socket adaftor

C.  Adaftor

Adaftor digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Biasanya dipasang diantara socket dan tangkai rathet.

Adaftor

c.1. Universal joint Adaftor

Bagian ini digunakan untuk menyambungkan socket atau socket extension pada posisi-posisi menyudut. Ujung pemutar socket berukuran 3/8″, 1/2″, 3/4″, dan 1″.

Universal joint Adaftor

c.2. Ratchet spinner adaftor

Adaftor jenis ini digunakan untuk pemutaran bau/mur pada tempat yang sempit. Ratchet spinner adaftor dipasang antara socket dan tangkai ratchet.

c.3. Ratchet adaftor

Adaftor jenis ini dapat merubah fungsi tangkai pemutar socket biasa menjadi ractheting tool. Rachet adaftor mempunyai suatu bagian yang berfungsi merubah arah putaran socket. arah socket dan tangkai ratchet. Baca juga : Mesin Fingerprint

Ratchet adaftor

d.  Socket drive handle (Tangkai pemutar socket)

Dalam satu set perlengkapan kunci sok dilengkapi dengan beberapa tangkai pemutar socket. Bagian ujung socket berukuran 1/4″, 3/8″, 1/2″, 3/4″, dan 1″.

Tangkai pemutar yang berkualitas tinggi dibuat melalui beberapa tingkatan proses.

Proses Pembuatan:

  1. Ditempa dalam cetakan presisi
  2. Diproses di mesin
  3. Dikeraskan
  4. Dipoles
  5. Dipernikel atau diperchrom

d.1. Flex handle (Tangkai pemutar fleksibel)

Disebut juga nut spinner atau hinged handle. Kepala pemutar yang berengsel memudahkan pemakaian pad sudut yang berbeda. Panjang tangkai pemutar socket bervariasi dari 6″ sampai 24″.

Flex handle (Tangkai pemutar fleksibel)

d.2. Ratchet handle (Tangkai pemutar ratchet)

Ratchet handle adalah tangkai pemutar saket yang dilengkapi dengan suatu mekanisme yang mempercepat proses pemutaran baut/mur pada ruang gerak yang terbatas.

Ratchet handle (Tangkai pemutar ratchet)

Kepala ratchet terdiri dari:
a. pegas tekan
b. lidah roda
c. roda gigi rachet
Lidah roda berfungsi mengikat bagian roda gigi ratchet.

bagian kepala ratchet

Macam tangkai pemutar ratchet:

  • Tangkai pemutar ratchet pejal. Digunakan untuk posisi normal.
  • Tangkai pemutar racthet engsel

Digunakan untuk posisi pekerjaan menyudut.

ratchet engsel

Tangkai memutar ratchet dilengkapi dengan alat pembalik putaran yang merubah posisi pengikatan lidah roda terhadap gigi dari roda gigi ratchet. Pada saat pemakaian tangkai pemutar ratchet hanya berfungsi pada satu arah putar, sedangkan pada arah putar sebaliknya slip.

Tangkai pemutar ratchet

d.3.  Speed handle (Tangkai pemutar cepat)

Speed handle adalah salah satu jenis tangkai pemutar socket yang dapat memutar socket dengan cepat. Alat ini mempunyai ujung pemutar socket yang berbentuk T. Alat ini mempunyai ujung pemutar dengan ukuran 1/4″, 3,8″, dan 1/2″.

d.4.  Sliding T handle

Sliding T handle adalah salah satu jenis tangkai pemutar socket yang berbentuk T. Alat ini mempunyai ujung pemutar dengan beberbagai ukuran.

Sliding T handle

Pada tangkainya dipasang bola baja berpegas yang berfungsi mengikat (memegang) kepala pemutar. Kepala pemutar dapat digeser dan tepat menempati 2 posisi yang berbeda pada saat penggunaan pada bagian ujung-ujungnya.

d.5.  Spinner handle

Spinner handle adalah jenis tangkai pemutar socket yang berbentuk seperti tangkai pemutar obeng. Biasanya digunakan untuk memutar mur yang berukuran kecil. Dalam penggunaannya tidak dibenarkan menggunakan alat tabahan seperti pipa untuk memperpanjang tangkai pemutar socket.

CV. Mitra Berkat Bersama | Mesin Absensi Sidik Jari |adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket