Mesin Absensi Sidik Jari - Mesin Fingerprint 
April 2, 2019

Mesin Absensi di Zaman Modern Sensor Sidik Jari

Mesin Absensi Sidik Jari - Mesin Fingerprint MESIN ABSENSI DI ZAMAN MODERN SENSOR SIDIK JARI

Mesin Absensi Sidik Jari – Sudah menjadi hal yang biasa jika kita mendengar istilah mesin absensi sidik jari. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan mesin absensi sidik jari ini untuk kelangsungan proses kerja suatu perusahaan. Membahas soal mesin absensi sidik jari, mesin ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya. Perlu kita ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari mesin absensi sidik jari, bagi Anda perusahaan yang belum menggunakan mesin absensi sidik jari.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Mesin Absensi Sidik Jari

Patut Anda ketahui bahwa mesin absensi sidik jari menawarkan banyak sekali kelebihan yang menguntungkan bagi penggunanya sebagai berikut:

• Pengelolaan lebih mudah

Menggunakan mesin sidik jari sebagai absensi para karyawan dinilai lebih menguntungkan karena pengelolaan data lebih mudah. Mesin ini mampu memudahkan pihak personalia untuk mengolah data sidik jari yang sudah terkumpul karena software dari mesin sudah terhubung dengan komputer sehingga pembuatan laporan bisa dikerjakan dengan cepat serta akurat.

• Menekan dana pengeluaran fiktif karyawan

Terkadang beberapa perusahaan menganggap pembelian sebuah mesin absen sidik jari justru bisa membuat pengeluaran menjadi membengkak karena harga mesin yang tidak murah. Namun pada kenyataanya, penggunaan mesin ini justru bisa menekan pengeluaran fiktif yang dilakukan karyawan seperti uang lembur, bonus, serta uang kehadiran karena perhitungan gaji bisa dilakukan dengan akurat dimana jam hadir serta jam pulang para pekerja sudah tercatat dengan jelas di dalamnya.

• Terhindar dari kecurangan

Sistem absensi dengan cara yang tradisional sangat rentan dengan karyawan yang suka membolos, datang terlambat, serta titip absen karena pihak yang berkaitan tidak bisa mengawasi secara langsung kehadiran karyawannya dengan jumlah yang banyak. Dengan menggunakan fingerprint sebagai absensi utama, maka karyawan tidak akan bisa memalsukan data kehadiran serta datang terlambat karena pekerja sendirilah yang harus melakukan proses verifikasi dengan jari mereka sehingga tingkat kecurangan bisa diminimalisir.

• Meningkatkan produktivitas karyawan

Secara tidak langsung, penggunaan mesin ini berfungsi sebagai alat untuk mendisipilinkan karyawan dalam menghargai waktu untuk bekerja karena mereka dituntut untuk datang tepat waktu dikarenakan mesin sudah merekam jadwal kedatangan mereka sehingga keterlambatan dalam waktu yang sedikit saja bisa mempengaruhi penilaian terhadap mereka. Oleh karena karyawan bisa datang lebih tepat waktu, maka mereka memiliki banyak waktu untuk bekerja sehingga produktivitas semakin meningkat.Walaupun mesin menawarkan beberapa kelebihan, namun tidak menutup kemungkinan masih ditemukannya beberapa kekurangan yang terdapat dalam mesin absensi sidik jari diantarannya:

• Sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi

Mesin ini memiliki kelemahan yang pertama yaitu seringnya terjadi kesalahan pada saat pemindaian dikarenakan scanner tidak bisa mendeteksi sidik jari seseorang bila scanner dalam kondisi kotor karena terdapat banyak sekali bekas sidik jari yang menempel, basah karena sering terkena air atau keringat dari jari seseorang dan scanner terkena cahaya secara langsung sehingga kinerja sistem menurun dan proses identifikasi harus diulang.

• Membutuhkan perawatan yang rutin

Untuk tetap menjaga supaya scanner bisa bekerja dengan maksimal dan tidak mengalami penurunan sistem, perawatan yang rutin perlu dilakukan agar scanner tetap bersih setiap saat untuk mencegah terjadinya kesalahan. Dalam memebrsihkannya pun tidak boleh menggunakan air atau lap basah karena mesin sangat rentan kerusakan yang disebabkan oleh air.

• Kinerja scanner kurang maksimal

Scanner memiliki kelemahan dimana sistem sensor tidak bisa mendeteksi jari yang basah, terlalu kering, terkelupas, kotor, dan juga tertutup oleh tinta. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses identifikasi, jari seseorang harus dalam keadaan bersih dan kering.

CV. Mitra Berkat Bersama | Mesin Absensi Sidik Jari |adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19, Surabaya
Indonesia

Maspion IT Lt. Dasar Blok E10-12
Maspion Square
Jl. Ahmad Yani No 73, Surabaya
Indonesia