mesin absensi sidik jari
February 20, 2019

Perbedaan Absensi Dulu dan Jaman Sekarang

mesin absensi sidik jariPERBEDAAN ABSENSI DULU DAN JAMAN SEKARANG

Mesin Absensi Sidik Jari – Seperti yang kita ketahui bahwa, mesin absensi dahulu dilakukan dengan cara manual. Nah seiring dengan perkembangan jaman kini telah ada mesin absensi yang lebih memudahkan kita melakukan absensi dan lebih praktis tentunya juga semakin canggih. Lantas apa perbedaan lain dari absensi dulu dan jaman sekarang?

Absensi Jaman Dulu

1. Boros kertas

Penggunaan mesin absensi manual ini tidak ramah lingkungan dan boros kertas karena banyaknya kertas yang digunakan untuk dijadikan kartu kehadiran karyawan. Berbeda dengan mesin absensi canggih seperti milik Fingerspot yang sangat mendukung gerakan paperless dan sangat ramah lingkungan.

2. Kurang akurat

Waktu dalam mesin absensi manual bisa diatur secara manual sehingga data kehadiran menjadi tidak akurat. Hal ini tentunya berbahaya bila ada oknum karyawan yang berani memanipulasi data kehadiran demi terlihat disiplin di mata atasan. Jika terjadi seperti itu, maka bagian HRD akan kesulitan mengolah data kehadiran karyawan.

3. Pengolahan data kehadiran membutuhkan waktu lebih lama

Mengolah data kehadiran dari mesin absensi manual akan membutuhkan waktu lebih lama. Daripada repot seperti itu, Anda dapat menggunakan mesin absensi dari Fingerspot yang pastinya lebih andal dan profesional. Ditambah lagi, produk kami telah dilengkapi aplikasi personalia Fingerspot Personnel untuk mengolah data kehadiran karyawan.

Mesin Absensi Jaman Sekarang

Mesin absensi atau sidik jari yang saat ini selalu ada dalam sebuah perusahaan tentunya membuat cara absensi sebua perusahaan lebih efektif. Disamping kelebihan mesin fingerprint, terdapat pula kekurangan mesin finger print yang perlu anda ketahui.

• Pengolahan lebih mudah
Menggunakan mesin sidik jari bisa mempermudah pihak HR ataupun personalia untuk membuat laporan tentang kehadiran karyawan karena mesin sudah terhubung langsung dengan komputer sehingga pengumpulan sidik jari bisa lebih mudah dilakukan.
• Menekan pengeluaran fiktif perusahaan
Walaupun banyak perusahaan yang beranggapan bila membeli sebuah mesin absensi justru membutuhkan bayak dana, namun faktanya, dalam penggunaan mesin tersebut pada sebuah karyawan mampu menekan pengeluaran yang ada seperti uang lembur, bonus karyawan, dan juga uang kehadiran karena catatan kehadiran dari waktu dan juga tanggal sudah tertera jelas pada mesin sehingga perhitungan gaji bisa lebih jelas.
• Penggunaan yang praktis
Penggunaan dari mesin manual tersebut sangatlah mudah dan juga praktis dimana karyawan hanya menempelkan jari pada scanner selama beberapa detik kemudian data kehadiran sudah bisa direkam dan disimpan dalam software komputer.
• Terhindar dari kecurangan
Dengan penggunaan mesin ini, maka tindakan kecurangan bisa diantisipasi dan juga dicegah karena tidak ada lagi pemalsuan data kehadiran serta titip absen yang sering dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab. Walaupun menggunakan fotokopi atau bentuk sidik jari tiruan untuk memalsukan data, namun mesin tetap tidak akan menerima karena sidik jari aslilah yang akan diidentifikasi oleh sistem.
• Harga yang lebih murah
Untuk harga jual mesin manual terbilang lebih murah daripada mesin dengan biometrik ataupun sensor lainnya sehingga bisa lebih menghemat biaya pengeluaran perusahaan.
• Meningkatkan produktivitas karyawan

Secara tidak langsung, mesin manual ini melatih kedisiplinan karyawan dalam hal menghargai waktu karena semua pekerja dituntut untuk hadir di kantor tepat waktu sebab dalam mesin sudah tercatat jam dengan jelas. Dikarenakan karyawan hadir tepat waktu dan tidak terlambat, maka produktivitas karyawan dalam bekerja bisa lebih ditingkatkan sehingga kesejahteraan perusahaan pun bisa tetap terjaga.Selain beberapa kelebihan yang ditawarkan, tidak menutup kemungkinan bahwa mesin absen sidik jari manual juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

• Seringnya terjadi kesalahan dalam proses pengindentifikasian
Kelemahan yang pertama pada mesin bertipe manual ini adalah seringnya terjadi error atau kesalahan pada saat proses pengidentifikasian yang disebabkan oleh scanner yang kotor, basah, dan terkena cahaya secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan kinerja sistem di dalam mesin menajdi menurun sehingga data tidak valid dan seringnya terjadi pengulangan proses scan.
• Membutuhkan perawatan yang rutin
Untuk tetap menjaga proses dan juga sistem dari mesin tersebut, pengecekan dan juga perawatannya harus dilakukan secara rutin. Cara membersihkannya pun tidak boleh dibassahi dengan air dan hanya menggunakan lap atau tisu kering sehingga fungsi scanner bisa tetap terjaga.
• Kinerja scanner yang kurang maksimal
Performa atau kinerja sistem scanner manual tidak bisa mengidentifikasi tangan yang terluka, terkelupas, kotor, terkena tinta, dan juga basah terkena keringat karena sistem sangat sensitif sehingga jika seseorang ingin melakukan absen, maka kondisi tangan harus selalu kering dan bersih.

CV. Mitra Berkat Bersama | Mesin Absensi Sidik Jari |adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket