mesin absensi sidik jari
February 25, 2019

Permasalahan Absensi Finger

mesin absensi sidik jariPERMASALAHAN ABSENSI FINGER

Mesin Absensi Sidik Jari – Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Nah dengan teknologi yang canggih ini, tidak menutup kemungkinan juga akan mengalami kerusakan atau permasalahan, karena beberapa faktor. Mungkin karena salah penggunaannya dan juga perawatannya. Nah pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai permasalahan yang mungkin terjadi saat kita menggunakan mesin absensi fingerprint.

Kendala Saat Menggunakan Mesin Absensi

Koneksi Gagal
Koneksi antara mesin absensi dan komputer dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui kabel LAN dan melalui nomor IP. Sering kali koneksi mesin absensi ke komputer gagal, hal ini dapat disebabkan karena :
  •  Nomor IP tidak sesuai
  •  Kabel LAN tidak terpasang dengan benar
  •  Tipe kabel tidak sesuai
Sidik Jari Tidak Terbaca
Absensi dengan menggunakan sidik jari mempunyai keunggulan yaitu karyawan anda tidak dapat menitipkan absen, akan tetapi juga ada kelemahan dari absensi menggunakan sidik jari. Salah satunya adalah sidik jari tidak terbaca. Ini bisa disebabkan karena :
  • Letak posisi jari saat pengabsenan salah
  • Kulit terlalu lembab
  • Sedang mengalami proses pergantian kulit
Sensor Rusak
Ada 2 jenis sensor yang dipakai di mesin absensi yaitu sensor crystal dan sensor silicon. Masing-masing sensor ada kelebihan dan kekurangannya. Sensor yang lebih sering mengalami kerusakan adalah sensor dari bahan silicon. Cara pembersihan dan cara pemakaian sensor silicon harus lebih hati-hati, karena apabila tergores, sensor ini tidak dapat membaca sidik jari anda.
Kapasitas Penuh
Data karyawan untuk mesin absensi standalone tersimpan langsung di dalam mesin absensi. Oleh karena itu kapasitas penyimpanan data terbatas. Apabila kapasitas mesin penuh, untuk proses absensi berikutnya tidak akan tersimpan, hal ini dapat di atasi dengan memindahkan data dari mesin absensi ke komputer, lalu men-delete data yang ada di dalam mesin absensi.
Identifikasi Lama
Lamanya sebuah mesin absensi mendeteksi sidik jari adalah 1-2 detik. Apabila proses identifikasi berlangsung lebih lama dari waktu tersebut, berarti ada hal yang harus di perhatikan, yaitu :
  •  Apakah sensor yang dipakai adalah sensor crystal, karena sensitifitas dari sensor crystal tidak seperti sensor silicon. Oleh karena itu proses pembacaan sidik jari lebih lama.
  • Kapasitas mesin absensi sudah penuh atau sudah terlalu banyak. Hal tersebut juga dapat menyebabkan lamanya proses identifikasi sidik jari.
Mesin Sering Restart
Keadaan dimana mesin absensi sering ter-restart dengan sendirinya bisa dipengaruhi oleh supply daya listrik yang tidak stabil. Hal ini dikarenakan output tegangan dan arus adaptor yang ada tidak maksimal.
Dengan penggunaan dan perawatan yang tepat, penggunaan mesin absensi akan memudahkan anda. Dan tidak akan ada masalah yang timbul lagi saat anda menggunakan mesin absensi tersebut.
CV. Mitra Berkat Bersama | Mesin Absensi Sidik Jari |adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin absensi fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Kebonsari No. 19 Surabaya

Mastech Blok E10 (Maspion Technology)
Jl. Ahmad Yani No 73 Surabaya
Komplek Giant Supermarket