June 26, 2019

Mesin Absen Online

MESIN ABSEN ONLINE

Mesin Absensi Sidik Jari – Sudahkah Anda mengetahui apa itu mesin absensi? Mesin absensi ini sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya. Nah, membahas soal mesin absensi ini terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah mesin absensi online. Yuk langsung saja simak ulasan kami MESIN ABSENSI SIDIK JARI berikut ini.

Kenali Seperti Apa Mesin Absensi Online

Ada banyak metode absensi yang digunakan oleh perusahaan, mulai dari absensi manual, absensi menggunakan mesin ceklok, dan menggunakan model mesin absensi sidik jari. Metode absensi menggunakan fingerprint adalah salah satu metode absensi yang paling sering digunakan oleh perusahaan baik di Indonesia dan di seluruh dunia. Namun absensi karyawan menggunakan metode fingerprint memiliki satu kelemahan yang besar yaitu tidak dapat dipasang disembarang tempat. Biasanya mesin absensi fingerprint akan diletakkan didalam kantor dan digunakan ketika karyawan datang dan pulang kerja.

Baca juga : Waspada Kendala Mesin Absensi

Penggunaan mesin absensi sidik jari menjadi masalah bagi karyawan yang bekerja dilapangan atau tidak dikantor misalnya seperti sales promotion girl SPG yang bekerja disalah satu produk elektronik. Tentu saja perusahaan brand yang menggunakan jasa SPG tersebut tidak dapat memasang alat fingerprint dilokasi SPG ditempatkan. Alhasil biasanya perusahaan akan mencatatat kehadiran karyawan tersebut menggunakan sistem absensi secara manual. Tentu saja dengan menggunakan sistem absensi manual akan sangat mudah di manipulasi. Sehingga data absensi karyawan yang didapat oleh perusahaan mungkin saja sudah dimanipulasi oleh karyawan tersebut. Selain itu, data absensi tidak bisa didapatkan secara realtime.

Baca juga : Panduan Lengkap Menggunakan Mesin Absensi

Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat menggunakan teknologi yang dapat dipakai untuk melakukan absensi kehadiran karyawan tanpa dimanapun dan kapanpun, yaitu dengan menggunakan absensi online. Aplikasi absensi online adalah sebuah teknologi yang dapat memungkinkan karyawan melakukan absensi tanpa harus menggunakan mesin berbentuk fisik seperti mesin absensi sidik jari. Karyawan hanya perlu memberikan informasi lokasi, waktu, dan tempat berada lalu kemudian dikirim secara realtime. Selain itu, agar karyawan tidak dapat melakukan kecurangan saat melakukan absensi, karyawan juga diharuskan untuk mengirimkan foto dirinya saat berada dilokasi kerja. Dengan begitu data yang masuk akan dapat langsung diolah dan kemudian dijadikan data absensi oleh HRD. Lalu apa saja keuntungan menggunakan sistem absensi online? Berikut ulasannya.

Absensi online dapat mengurangi biaya penggunaan mesin fingerprint

Coba bayangkan jika sebuah perusahaan harus menyediakan mesin absensi sidik jari di tiap-tiap tempat SPG nya bekerja, tentu akan sangat memakan biaya. Misalnya sebuah perusahaan mempekerjakan 50 SPG, tentu jika masih menggunakan absensi fingerpint, perusahaan harus menyediakan mesin fingerprint di setiap tempat. Bayangkan ada berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan perusahaan hanya untuk menyediakan mesin fingerprint yang digunakan untuk melakukan absensi karyawannya. Absensi online tentu akan sangat membantu permasalahan ini. Absensi online hanya membutuhkan smartphone milik karyawan sebagai tempat untuk pencatatan absensi, tentu saja hal ini sangat mudah jika dibandingkan menggunakan mesin fingerprint.

Absensi online dapat mengurangi potensi kecurangan yang dilakukan karyawan

Data yang didapat melalui absensi online akan diolah secara langsung atau realtime sehingga hasilnya akan sama seperti informasi yang dihasilkan melalui mesin abseni kantor. Tentu saja hal ini akan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan terhadap data absensinya. Selain itu dengan menggunakan absensi online akan mengurangi potensi kecurangan titip absen. Ini terjadi karena setiap karyawan memiliki identitas atau akunnya sendiri sehingga tidak mungkin untuk dipakai oleh orang lain.

Baca juga : Kenali Manfaat Mesin Absensi Bagi Perusahaan

Absensi online dapat mempermudah analisa kinerja karyawan

Data realtime yang didapat melalui absensi online akan memberikan manfaat bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi dan mengajalisa kinerja karyawan. Dengan menggunakan absensi online, data kedatangan karyawan akan langsung tersimpan didalam database kantor, sehingga kantor tidak perlu melakukan rekap absensi karyawan yang tidak bekerja dikantor. Data kehadiran ini dapat dijadikan salah satu poin penilaian karyawan.

Absensi online akan meningkatkan kinerja karyawan

Tentu akan melelahkan dan sulit untuk dilakukan jika karyawan lapangan harus datang kekantor setiap hari hanya untuk melakukan absensi kehadiran, selain itu waktu karyawan juga akan terbuang banyak karena harus datang kekantor terlebih dahulu sebelum menuju tempat kerja. Sebaliknya, jika menggunakan absensi online maka waktu yang digunakan untuk melakukan absensi di kantor dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja mereka dilapangan. Dengan absensi online tentu tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami di Mesin Absensi Sidik Jari. Semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂

CV. Mitra Berkat BersamaMESIN ABSENSI SIDIK JARI | MESIN FINGERPRINT | Mitra Berkat Bersama adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin absensi sidik jari atau mesin fingerprint, mesin absensi sidik jari murah dan akses kontrol pintu biometrik menggunakan deteksi sidik jari yang terbesar di Indonesia | Bergabung KLIK DISINI | 031-8274664 / 031-82516149 / 031-8477633 | Email : sales@mitraberkatbersama.com

Count Visitor




Jl. Raya Kebonsari No. 19, Surabaya
Indonesia

Jl. Raya Jemursari No. 69 Surabaya
Indonesia